Cara Hack Website Dalam Hitungan Menit

Hacking merujuk pada aktivitas untuk mengidentifikasi kelemahan sistem komputer atau jaringan website untuk mendapat akses masuk. Sampai saat ini, dikenal dua cara hack website, yaitu melalui HTML coding atau lewat injeksi SQL.

Dua metode tersebut berbeda pada teknis penerapannya, meski sama-sama ditujukan untuk mencari celah masuk website. Metode HTML coding lebih banyak digunakan karena memakai bahasa HTML dan JavaScript yang sudah umum dimengerti para blogger.

Dari sini, muncul berbagai istilah yang sering digunakan seperti ethical hacker, black hat hacker, white hat hacker, hacktivist, dan banyak lainnya. Semua jenis hacker tersebut memiliki tujuan berbeda saat menyusup website, tapi sama-sama membobol website dengan memanfaatkan celah keamanan.

Lalu seperti apa cara hack website melalui HTML coding? Berikut langkahnya.

  • Langkah 1

Buka laman website yang ingin di-hack. Pada form sign-in di website tersebut, isi dengan kombinasi username dan password yang salah. Selanjutnya akan muncul notofikasi bahwa kombinasi username dan password yang digunakan salah.

  • Langkah 2

Klik kanan pada laman error lalu pilih view page source untuk melihat baris kodenya. Semisal memakai platform WordPress, Bahasa yang digunakan biasanya HTML, HTML5, atau PHP.

  • Langkah 3

Cara hack website selanjutnya yaitu dengan membuka source code, akan muncul barisan kode HTML dengan JavaScript. Temukan kode seperti ini <_form action=”…Login….”>. Tepat sebelum kode informasi login ini, terdapat URL website. Salin URL tersebut ke tab baru.

  • Langkah 4

Hati-hati saat menghapus kode JavaScript yang memvalidasi informasi pada server. Website bisa sukses di-hack berdasarkan pada seberapa efisien saat menghapus kode validasi JavaScript dari informasi akun tersebut.

  • Langkah 5

Cara hack website berikutnya yaitu dengan menyimpan file. Selanjutnya pilih File lalu Save As kemudian Save di hard disk dengan nama apapun yang berakhiran dengan ekstensi .html.

  • Langkah 6

Buka kembali web yang menjadi target hack, dalam hal ini file yang disimpan di hard disk berekstensi .html. Akan terlihat beberapa perubahan pada laman ini dibanding file aslinya. Jika memang ini terjadi, berarti langkah hack website masih berhasil.

  • Langkah 7

Gunakan username dan password secara asal dan website akan terbuka. Ada banyak hal yang bisa dilakukan setelah website terbuka, dari yang sederhana seperti melihat-lihat isi website sampai yang terparah dengan mengambil database server. Dengan demikian, cara hack website sudah berhasil.

Pada dasarnya, membobol suatu website hanya tentang memanfaatkan celah keamanan yang bisa dieksploitasi. Bahkan hanya bermodal kode HTML saja, website bisa dibobol. Bahkan untuk blogger yang tak terlalu mahir dengan koding, cara hack website dengan kode HTML masih mungkin dilakukan.

Catatan: Kami tidak menyarankan berbagai bentuk aktivitas hacking. Semua cara hack website di atas hanya ditujukan untuk edukasi semata.https://www.sribu.com/id/cat/jasa-pembuatan-website

seoarang yang gemar membaca dan menulis terutama dalam hal hal digital

seoarang yang gemar membaca dan menulis terutama dalam hal hal digital